Info PBSB 2018 Daftar Universitas, Jurusan Prodi dan Kuota Lengkap

Info PBSB 2018 Daftar Universitas, Jurusan Prodi dan Kuota Lengkap
JurusanKampus.Com - Info PBSB 2018 Daftar Universitas, Jurusan Prodi dan Kuota Lengkap | Info PBSB 2018 atau Program Beasiswa Santri Berprestasi 2018 dari Kemenag RI ini memberikan kesempatan untuk kalian para santri dan berprestasi untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan tanggungan biaya beasiswa yang telah ditentukan.

Pada tahun 2018 ini Kemenag RI bekerjsama dengan 13 Perguruan Tinggi se Indonesia dengan berbagai macam pilihan Fakultas dan Jurusan yang bisa kalian pilih sesuai dengan minat dan bakat. Program Beasiswa Santri Berprestasi ini ditujukan untuk para santri agar dapat mengakses pendidikan studi sarjana dan profesi.

Program ini akan dibuka langsung oleh menteri agama Lukman Hakim Saifuddin pada tanggal 15 Maret 2018. Infomasi dari website Info PBSB 2018. Untuk kalian yang sudah mendambakan program beasiswa ini jangan sampai ketinggalan ya. Berikut ini kami informasikan daftar Universitas, Jurusan / Program Studi yang telah bekerjasama dengan Kementrian Agama pada program PBSB 2018.

Daftar Universitas, Fakultas dan Jurusan / Prodi PBSB 2018

NO NAMA PERGURUAN TINGGI FAKULTAS JURUSAN/PRODI KUOTA
1 Institut Pertanian Bogor (IPB) Semua Fakultas Semua Jurusan / Prodi 15
2 Intitut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya MIPA MATEMATIKA 2
STATISTIKA 3
TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM INFORMASI 3
TEKNIK INFORMATIKA 3
TEKNOLOGI INDUSTRI TEKNIK ELEKTRO 2
TEKNIK INDUSTRI 2
3 UIN Alauddin Makassar KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN FARMASI 4
KEPERAWATAN 3
KESEHATAN MASYARAKAT 3
4 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang HUMANIORA BAHASA DAN SASTRA ARAB 3
BAHASA DAN SASTRA INGGRIS 3
KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN FARMASI 2
PENDIDIKAN DOKTER 2
EKONOMI PERBANKAN SYARIAH 5
SAINS DAN TEKNOLOGI TEKNIK ARSITEKTUR 5
5 UIN Sunan Ampel Surabaya DAKWAH BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM 20
PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM 20
6 UIN Sunan Gunung Djati Bandung USHULUDDIN TASAWUF PSIKOTERAPI 25
7 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta USHULUDDIN ILMU AL QURAN DAN TAFSIR 20
ILMU HADIST 20
8 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN PENDIDIKAN DOKTER 20
FARMASI 5
ILMU KEPERAWATAN 5
KESEHATAN MASYARAKAT 5
9 UIN Walisongo Semarang SYARIAH ILMU FALAK 25
10 Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya KEDOKTERAN PENDIDIKAN DOKTER 2
PENDIDIKAN BIDAN 2
KEDOKTERAN GIGI PENDIDIKAN DOKTER GIGI 2
FARMASI PENDIDIKAN APOTEKER 2
KEPERAWATAN PENDIDIKAN NERS 2
KESEHATAN MASYARAKAT KESEHATAN MASYARAKAT 2
11 Universitas Cendrawasih Jayapura MIPA FARMASI 3
KEDOKTERAN ILMU KEPERAWATAN 3
KESEHATAN MASYARAKAT ILMU KESEHATAN MASYARAKAT 2
TEKNIK TEKNIK SIPIL 2
12 Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta EKONOMI DAN BISNIS AKUNTASI 2
ILMU EKONOMI 2
FARMASI FARMASI 2
ILMU SOSIAL POLITIK ILMU KOMUNIKASI 2
KEDOKTERAN HEWAN PENDIDIKAN DOKTER HEWAN 1
KEDOKTERAN GIGI PENDIDIKAN DOKTER GIGI 1
PSIKOLOGI PSIKOLOGI 2
TEKNOLOGI PERTANIAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN 3
13 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Semua Fakultas Semua Jurusan / Prodi 10
Total Kuota PBSB 2018 272
Sebagai tambahan catatan buat persiapan kalian jauh-jauh hari ini:

Pertama, Buat kalian yang ingin mengambil di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, kalian diharuskan menguasai hafalan Al Qur'an minimal 10 juz. Pada tes hafalan tersebut rencananya akan dilaksanakan bersamaan dengan jadwal seleksi tes CBT.

Kedua, sialahkan komunikasi dengan pesantren tempat kami mondok. Mintalah ke pihak pesantren untuk membuat akun pondok pesantren dan akun santri. Form juga akan memuat profil pesantren dan Nomor Statistik Pondok Pesantren (NSPP).

Ketiga, daftar sesegera mungkin setelah pengumuman pendaftaran PBSB 2018 dibuka. Dikhawatirkan jika respon server tempat kalian mendaftar ada error, sehingga pihak IT dari Kemenag bisa segera menanganinya dan pendaftaranmu pada program beasiswa ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Keempat, Pendafataran. Sewaktu melakukan isian form pendafataran usahakan semua data yang kamu masukkan sudah benar dan sesuai dengan informasi yang kamu miliki. Karena jika data sudah masuk besar kemungkinan akan sulit untuk melakukan perubahan data. Kalian sendiri kan yang rugi nantinya kalau tidak teliti.

Kelima, Lokasi Tes Seleksi. Usahakan pilih lokasi tes yang paling dekat dengan domisilimu saat ini. Biar gak ketinggalan atau terlambat masuk ruang. Usahakan sih satu hari sebelum pelaksanaan kamu sudah di kota tempat tes. Khusus untuk yang memilih UNAIR Surabaya, pilihan lokasi tes seleksi hanya di kampus UNAIR Surabaya. Semua biaya transportasi dan akomodasi selama pelaksanaan tes seleksi ditanggung sendiri ya.

Keenam, Persiapkan diri. Karena Program Beasiswa Santri Berprestasi ini banyak yang meminati, artinya pesaingmu untuk mendapatkan kuota terbatas tersebut sangat kompetetif. Kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk belajar.

Ketujuh, Pilihan Terbaik. Nah jika kalian dinyatakan lulus, jangan mengundurkan diri. Apabila kalian dinyatakan lulus, kalian diharuskan mengikuti perkuliahan sesuai kalender akademik perguruan tinggi yang telah kamu pilih. Kalian tidak diperkenankan untuk mengundurkan diri baik sebelum perkuliahan atau saat di tengah masa perkuliahan.

Bagaimana tertarik untuk mengikuti Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2018 dari Kemenag RI ini. Persiapkan diri kalian sebaik mungkin ya, jangan lupa belajar yang tekun dan berdoa semoga diberikan kemudahan dalam setiap langkah kalian untuk melanjutkan proses belajar ke jenjang berikutnya.

Untuk mendapatkan update informasi seputar kampus dan beasiswa lainnya, kalian bisa mengikuti dengan cara like halaman facebook Jurusan Kampus. Kami akan selalu update informasi terbaru yang kalian butuhkan. Silahkan bagikan informasi ini ke teman dan saudaramu.


Kirim Komentar